Wednesday 14 November 2012

Cara Mengoptimalkan Kerja Otak

   

Pernakah gak anda merasa seperti ini? suatu saat anda bsa memahami apa yang anda pelajari dengan sangat cepat dan anda merasa bahwa pelajaran ini atau hal ini sangat mudah, bahkan anda bisa mengingatnya dengan jelas. itulah saat otak anda bekerja dengan sangat baik atau disebut otak bekerja dalam keadaan Optimum Learning State (OLS).dan mungkin para ilmuan juga menggunakannya.
     Gelombang otak (brain wave) manusia diukur dengan satuan siklus per detik atau cycle per second (CPS).CPS dibagi menjadi 4 kelompok, biasanya diukur dalam jangkauan paling lambat sampai dengan paling cepat, yaitu:
1 Delta 0.5 – 3 Hz Tidur nyeyak dan tidak bermimpi
2 Theta 4 – 7 Hz Konsentrasi mendalam (OLS)
3 Alpha 8 – 12Hz Rileks dan Meditasi
4 Betha 18 – 42 Hz Keadaan sadar


         OLS terjadi pada gelombang theta,  gelombang theta adalah saat dimana kita mampu fokus penuh dan mampu menyerap ide dan informasi dengan mudah.
     Sayangnya , theta tidak dapat kita capai dalam keadaan sadar. Tetapi untung saja , alpha yang berjarak hanya 1 CPS dari theta dapat oleh siapapun di capai dalm keadaan sadar.
Alpha bisa dicapai melalui beberapa cara yaitu sebagai berikut:
1. Pernapasan teratur maupun 
2. Pernapasan segitiga
           Melalui pernapasan segitiga, catu oksigen dalam otak menjadi optimum (tidak berlebihan seperti halnya dalam keadaan normal) . oksigen yang terbatas akan merangsang zat kimia peningkat aktivitas otak. Otak manusia yang sedang terjaga, yang biasanya di sibukkan oleh berbagai pikiran (beta), akhirnya mereda menjadi santai (alpha).cara lain adalah dengan
3. Mendzikirkan doa sesuai agama atau kepercayaan masing2. Sebernarnya pelafalan doa dngan irama tetap(chanting) meningkatkan swasugesti dan relaksasi, dan memperlambat brain wave.
kata2 yang mungkin digunakan seperti :
Buda    : Om mami padme hum
Hindu   : Om namab sivaya , shanti, shanti
Islam    : Laa ilaaha illa'llah
Katolik : Hail mary
protestan: Lord jesus , son of god , have mercy for me..
lalu
4. Alunan musik favorit anda dapat keheningan . serelah memasuki alpha , gerbang OLS dapat dicapai melalui
5. Penegasan ke pikiran bawah sadar berupa perintah positif kepada diri sendiri seperti "kini aku tampil beda " atau "aku pembelajar yang baik", atau apapun juga yang anda sukai.
Selamat mencoba.














sumber:
buku lets talk, ... in english - R.I. Prasadja

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More